Janganlah kita menganggap diri kita akan selamat dari dosa dan maksiat hanya karena baru mengenal dakwah ahlus sunnah, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui siapa orang yang bertakwa.” [An-Najm: 32].

Ini yang dialami oleh kita-kita tatkala sudah lama belajar agama. Merasa diri sudah lebih dari orang lain dan lebih paham dari yang lain. Padahal kekurangan kita teramat banyak. Maksiat kecil-kecilan bahkan yang besar masih dilakoni. Ilmu yang telah kita pelajari pun sedikit yang diamalkan.

Bahkan Rasulullah dan para Salaf pun tidak menganggap diri suci. Adakah keraguan pada diri kita, bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang paling sempurna keimanannya?

Sekali-kali tidak. Kita amat meyakini kesempurnaan iman beliau. Akan tetapi, kesempurnaan iman beliau tidak membuat beliau merasa dirinya suci dan bosan dalam beribadah. Meski telah dijamin surga, akan tetapi beliau tetap shalat malam hingga bengkak kakinya. Lalu bagaimana dengan kita..?! Masih layakkah menganggap diri kita suci..?

Tanya-tanya..?? Chat disini aja

Selamat datang di www.tvislam.id . Kami sangat senang bisa melayani Anda..

Customer Support

Firdaus

Online

Customer Support

Muhammad

Online

Firdaus

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Ada yang bisa saya bantu ? 00.00

Muhammad

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Ada yang bisa saya bantu ? 00.00
Scroll Up